Saturday, October 10, 2020

Awal dari Perjalanan Panjang Penuh Lika - Liku

Tepat tanggal 1 oktober kemarin, bertepatan dengan terbentuknya Forum Mahasiswa Mesin Indonesia (FMMI) saya melangsungkan ujian skripsi. Penuh perjuangan? tentu saja, karena situasi sebelum dimulainya ujian awan hitam sudah mulai mendominasi dan menutup langit hingga gelap.

Walau ramalan cuaca pada smartphone kadang tidak tepat, namun insting saya mengatakan hujan akan lebat siang ini, dan apa yang terjadi tentu saja hujan lebat mengguyur kota padang hingga malam hari. Apakah saya gentar? tentu tidak, karena ujian tetap harus berlangsung karena ini merupakan penantian panjang yang saya tunggu.

Tepat satu jam sebelum dimulainya ujian berasama seorang teman yang membantu, saya beranjak dari kamar kos berangkat menuju kampus dengan dirundung hujan lebat.

Setiba dikampus langsung menuju ruang administrasi jurusan untuk meminjam kunci dan segala perlengakapan untuk presentasi. Menata ruangan, menyiapkan proyektor, menata snack dll. Kurang lebih 10 menit sebelum waktu dimulai, sempat deg-degan karena penguji dan pembimbing belum juga terlihat namun saya masih tetap coba menenangkan diri karena kondisi memang diluar kendali.

Akhirnya sidang dimulai setengah jam lebih lama dari jadwal yang telah ditentukan, dihujani berbagai macam pertanyaan terkait dengan skripsi yang ditulis, Alhamdulillah semua terjawab dengan yakin. Tak terasa sudah lebih 2,5 jam didalam ruangan dan akhrinya saya dinyatakan lulus.

Teruntuk kedua orang tua, terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan hingga akhirnya dapat menyandang gelar sarjana. Walau berat karena ibu sempat sakit hingga menguras mental, tenaga serta pikiran namun dengan perjuangan akhirnya, tiba masa untuk sidang akhir juga. Semasa hidup mungkin tak banyak prestasi yang diri ini dapatkan, malah bisa dikatan hanya menyusahkan. Namun, izinkan diri mempersembahkan gelar ini untuk menorehkan senyum bangga bahagia diraut wajah kalian.

Teruntuk teman-teman yang telah membantu serta sempat hadir usai sidang, saya ucapkan terima kasih, semoga kesuksesan menyertai kita dan tentunya bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Ini bukanlah akhir ini adalah awal menuju perjalanan panjang penuh lika-liku yang disebut dengan Kehidupan.

Latest
Next Post

About Author

Seorang personal blogger, yang suka menulis seputar keseharian mulai dari curhat, opini, dan bahkan adakalanya menginspirasi. Kadang juga menulis hal-hal yang absurd, dan dibumbui sedikit humor.

0 komentar: