Sunday, March 24, 2019

Tebar Kebaikan Bersama Komunitas "Berbagi Nasi Padang"

وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ

“Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah Berbuat baik kepadamu” 
(Al-Qashas: 77)

Sepenggal ayat diatas menyadarkan kita bahwasanya kita sebagai manusia tak lepas dari kehidupan sosial, serta dalam hidup ini haruslah saling berbuat baik kepada oranglain—tentunya orang yang tepat.

Banyak manusia dimuka bumi ini yang sejatinya memilki hati yang tulus dan ingin berbagi kebaikan namun kadang ada beberapa alsan yang timbul dalam hati sehingga tidak terjadinya aksi untuk berbuat kebaikan.

Sejatinya kita hidup di muka bumi harus saling berbuat baik, sebagaimana yang telah diperintah oleh ayat diatas.

Tepatnya hari minggu lalu tepatnya tanggal 17 maret 2019 saya bersama teman-teman komunitas Berbagi Nasi Padang melakukan aksi yang kami sebut dengan 'Padang Kenyang'—bagi-bagi nasi bungkus—yang di fokuskan untuk orang-orang yang membutuhkan.

Saya bersama teman-teman di komunitas membuka open donasi untuk Berbagi Nasi Padang dan setelah dana tersebut terkumpul, kami membelanjakan uang dari para donatur tersebut untuk membeli apa-apa saja yang diperlukan—nasi bungkus tentunya—dalam aksi Padang Kenyang.

Nah, setelah persiapan sudah matang, kami langsung bergerak untuk melakukan aksi. Saya bersama teman-teman komunitas memulai aksi sektitar jam lima sore, yang titik kumpulnya bertepatan di area parkir salah satu masjid yang dijadikan maskot koda padang, yaitu Mesjid Raya Padang.

Kurang lebih sekitar 185 (seratus delapan puluh lima) bungkus nasi beserta cemilan yang telah dipacking rapi siap untuk dibagikan. Kami yang terdiri dari beberapa orang dan kendaraan masing-masing langsung berpencar untuk menemukan target yang akan dibagikan.
 
Singkat certia tepat sebelum azan maghrib berkumandang saya dan bersama teman-teman sudah berhasil membagikan 185 bungkus nasi tadi—alhamdulillah pembagian berjalan dengan lancar. setelah teman-teman yang berpencar sudah berkumpul di titik temu, kami langsung menunaikan sholat maghrib dan berkumpul kembali, berbagi keluh kesah atau masalah yang dihadapi selama melakukan aksi, dan mendiskusikan kegiatan aksi selanjutnya.



(Dokumentasi Bagi-bagi Nasi Bungkus)

Previous Post
Next Post

About Author

Seorang personal blogger, yang suka menulis seputar keseharian mulai dari curhat, opini, dan bahkan adakalanya menginspirasi. Kadang juga menulis hal-hal yang absurd, dan dibumbui sedikit humor.

0 komentar: